Unand Kirim Empat Tim di Kontes Robot Terbang Indonesia

"Dana yang dihabiskan untuk menciptakan empat pesawat tanpa awak ini totalnya kira-kira sampai 100 jutaan dan berasal dari kampus Unand"
Tim robot dari Unand yang akan berlomba di Lampung. (KLIKPOSITIF/Satria Putra)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Setelah menjadi juara satu pada perlombaan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) tingkat Nasional yang digelar oleh Dikti pada tahun 2015 di Yogyakarta lalu, mahasiswa Teknik Mesin Unand kembali mengikuti lomba yang sama di Universitas Negeri Lampung yang akan berlangsung dari tanggal 23-27 November 2015 nanti.

Menurut pembina tim, Dendi Adi Saputra, setelah mengikuti seragkaian seleksi, tim yang diutus berhasil lolos di empat kategori, sementara tahun sebelumnya cuma satu. Keempat kategori lomba yang akan diikuti adalah Fixed Wing (Unggeh Tabang AFRG 011) yakni, alat yang bisa digunakan untuk monitoring dan pemetaan.

Kedua yaitu Racing Plane (Gonjong Tujuah AFRG 002), lomba adu cepat antar universitas di jalur lurus dan nanti pemenangnya adalah pesawat yang dahulu mencapai garis finish. Ketiga, Technology Development (Alam Takambang AFRG 004) dan terakhir adalah VTOL (Sikumbang Api AFRG 003) yang bisa digunakan untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran, karena alat ini membawa air.

"Kita sudah melakukan persiapan dari setahun lalu, setelah selesai lomba di Yogyakarta," katanya kepada KLIKPOSITIF, Jumat 18 November 2016.

Dia mengatakan, pihaknya saat ini tengah mengembangkan lagi produk mereka dan saat ini sudah ada 50 jenis pesawat tanpa awak yang mereka desain dan setelah dilakukan pengembangan ada empat pesawat tanpa awak yang siap mengikuti lomba Kontes Robot Terbang Indonesia.

Dana yang dihabiskan untuk menciptakan empat pesawat tanpa awak ini totalnya kira-kira sampai 100 jutaan dan berasal dari kampus Unand. "Harapan kita adalah harus bisa menjadi yang terbaik dan bisa bersaing dengan produk kampus lain", ujarnya.

[Satria Putra]