Armada G02P Unand Akan Berlomba di Kontes Mobil Hemat Energi 2016

"Dalam artian, kendaraan yang didesain dituntut mampu menempuh jarak semaksimal mungkin dengan konsumsi bahan bakar yang rendah."
Armada G02P milik tim Marawa Unand. (Tim Marawa/Istimewa)

KLIKPOSITIF - Tujuh orang mahasiswa Teknik Mesin Universitas Andalas yang tergabung dalam tim "MARAWA" akan membawa armada andalan mereka "G02P" pada Kontes Mobil Hemat Energi 2016 yang digelar di Taman Cagar Budaya Candi Prambanan 1-4 November mendatang.

Mereka adalah Yuzalmi Fernando selaku manager tim. Lalu Resty Muhlita Putri, Anas Majdi, Nanda Agna Saputra, Ikhsanul Fikri, Dio Putra Yosa dan Riki Ari Putra. Yuzalmi Fernando mengatakan, pada kontes ini mereka berlomba di kategori prototype dengan kelas bahan bakar gasoline (bensin).

"Di kategori prototype ini ada 12 tim se-Indonesia yang berlomba. Alasan milih kelas gasoline karena umumnya mesin kendaraan sehari-hari makai bahan bakar jenis ini dan mesinnya sudah ada di pasaran," tutur pria biasa disapa Edo ini kepada KLIKPOSITIF.

Pada perlombaan ini, kata dia, tiap tim dituntut untuk membuat dan mendesain kendaraan yang memiliki efisiensi tinggi. Dalam artian, kendaraan yang didesain dituntut mampu menempuh jarak semaksimal mungkin dengan konsumsi bahan bakar yang rendah.

Edo mengaku ia dan tim telah merancang mobil hemat energi ini semenjak Desember 2015 termasuk membuat desain dan melakukan survey. Setelah dinyatakan lulus pada Agustus 2016 timnya mulai mencari bahan dan baru mulai manufaktur pada pertengahan September. Dalam pembuatan kendaraan ini, Tim Marawa didukung oleh pihak internal kampus dan beberapa sponsor dari luar.

[Satria Putra]