Pencurian di Parkiran Makin Marak, UKM PHP Laporkan Unand ke Ombudsman

"Tercatat dari Januari 2015 hingga September 2016 ada 35 kasus pencurian motor di lahan parkir Unand. "
Lahan parkir di Unand. (KLIKPOSITIF/Satria Putra)

PADANG, KLIKPOSITIF - Unit Kegiatan Mahasiswa Pengenalan Hukum dan Politik (UKM PHP) Universitas Andalas melakukan pelaporan ke Kantor Perwakilan Ombudsman RI Sumatera barat terkait pelayanan publik di kampus itu.

Ketua UKM PHP Unand M. Ridho mengatakan, pihaknya melakukan pelaporan ini menanggapi lambatnya respon pihak kampus atas makin maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor dan aksesoris di lahan parkir Unand.

"Pelaporan ini merupakan aksi lanjutan dari upaya yang telah dilakukan terdahulu, yaitu beberapa kali demonstrasi dan audiensi dengan pihak Unand yang tidak menuai hasil," kata M. Ridho kepada KLIKPOSITIF, Selasa, 25 Oktober.

Ia mengatakan, pihaknya berinisiatif melaporkan pelayanan publik di Unand kepada Ombudsman karena kasus pencurian di lahan parkir semakin hari semakin menjadi-jadi. Berdasarkan data yang diperoleh dari Polsek Pauh, kata dia, tercatat dari Januari 2015 hingga September 2016 ada 35 kasus pencurian motor di lahan parkir Unand. Sementara dari tahun 2013 hingga September 2016 ada sebanyak 137 kasus kehilangan motor di Unand.

"Hal ini tentu mendatangkan perasaan tidak aman pada mahasiswa yang memiliki kendaraaan bermotor," ujarnya.

Lewat pelaporan ini, pihaknya meminta Ombudsman mendesak Unand untuk memperbaiki lahan parkir dengan memasang CCTV dan barrier gate (palang parkir).

"Tadi Ombudsman mengatakan akan memproses laporan ini paling lama 15 hari dan akan menginvestigasi serta memanggil pihak Unand," katanya.

[Satria Putra]