Agar Tak Terlupakan, Mantan Camat Pauh Ini Tulis Kisah Hidupnya di Buku Binder

"Saya menulisnya, mengingat usia terus bertambah dan daya ingatan pun mulai melemah. Apalagi, tidak semua kisah hidup bisa dingat secara lengkap,"
Amri (M.Noli Hendra/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Meski sudah berusian 61 tahun, namun wajah pria berbadan tegap itu masih tampak garang. Begitu juga dengan daya ingatnya yang masih begitu tajam.

Pria 61 tahun itu adalah Amri, tokoh masyarakat Pauh, Kota Padang, yang dulunya gencar menyuarakan semboyan ‘Pauh Bangkit’ di Kecamatan Pauh.

Saat ditemui dikediamannya di Kompleks Cimpago Permai I, Koto Luar, Pauh, pada pekan lalu, mantan Camat Pauh itu menuturkan bahwa ingatannya masih tajam, karena dirinya gemar menulis kisah hidupnya dalam sebuah buku catatan.

"Saya hobi menulis kisah hidup saya di sebuah buku bindel. Saya menulisnya, mengingat usia terus bertambah dan daya ingatan pun mulai melemah. Apalagi, tidak semua kisah hidup bisa dingat secara lengkap," kata Amri. 

Ia juga menuturkan bahwa setiap peristiwa yang dituliskan dalam buku tersebut, juga ada tanggal, bulan dan tahun, termasuk jamnya.

"Di buku ini, juga tertulis tentang semboyan Pauh Bangkit yang saya suarakan," tutur Amri sembari memegang buku harian pribadinya yang Ia tulis sejak memimpin organisasi KNPI Padang pada tahun 1979-1987.

Amri menyebutkan bahwa Pauh Bangkit disuarakannya, karena dirinya ingin memperbaiki perekonomian masyarakat Pauh. Perbaikan perekonomian itu, katanya diawali dengan mengusahakan lahan untuk pengembangan perguruan tinggi Universitas Andalas (Unand).

"Usaha saya itu berhasil setelah saya melakukan pendekan dengan ninik mamak dan masyarakat Pauh. Kini kampus Unand sudah semakin besar. Hampir semua fakultas yang dimiliki Unand berada di Limau Manis," ujarnya.

Berkembangnya fasilitas yang dimiliki Unand, lanjutnya, juga membawa berkah untuk masyarakat Pauh. karena, sebagian besar tenaga kerja yang diserap Unand, berasal dari putra Pauh.

Selain itu, keberadaan Unand ini juga membuat ekonomi masyarakat Pauh membaik. Sebab, masyarakat di sekitar kampus sudah banyak membuka ... Baca halaman selanjutnya