3 Minggu di Sumbar, 14 Mahasiswa Malaysia Belajar Sejarah Minang di Unand

"Selama 1 minggu mereka akan melaksanakan kegiatan "Lecture Series" di Unand dan selama 2 minggu akan melaksanakan wisata sejarah."
Mahasiswa dari Fakulty Sastra dan Sains Sosial University Malaya berfoto di depan Fakultas Ilmu Budaya Unand. (KLIKPOSITIF/Satria Putra)

KLIKPOSITIF - Sebanyak 14 mahasiswa dari Fakulty Sastra dan Sains Sosial University Malaya, Malaysia akan mengikuti perkuliahan tentang Minangkabau di Universitas Andalas, Padang dan melakukan wisata sejarah di Sumatera Barat.

Ketua Jurusan Ilmu Sejarah Unand Anatona mengatakan, selama 1 minggu mereka akan melaksanakan kegiatan "Lecture Series" di Unand dan selama 2 minggu akan melaksanakan wisata sejarah.

"Mereka akan melakukan tur ke lokasi-lokasi bersejarah di Sumatera Barat, seperti ke Museum Hamka, Nagari Koto Gadang, Makam Syeik Burhanudin, Rumah Kelahiran Bung Hatta, Rumah Kelahiran Tan Malaka dan lainnya," kata Anatona usai menyambut kunjungan para mahasiswa di Universitas Andalas, Padang, Selasa, 19 Juli 2016.

Sementara kegiatan di kampus, mereka akan diberi materi perkuliahan oleh dosen-dosen Ilmu Sejarah Unand. Misalnya Sejarah Minangkabau oleh Prof. Dr. Phil. Gusti Asnan, Sejarah Islam di Minangkabau oleh Dr. M. Nur, M.S, Kajian Minangkabau dari segi Arkeologi oleh Prof. Dr. Herwandi, M. Hum. Selain itu, Kajian Media oleh Dr. Wannofri Samri, M. Hum, Kajian Budaya dan Petatah Petitih Minangkabau oleh Prof. Dr Oktavianus, M. Hum.

Ia mengatakan, ini adalah kali keempat mahasiswa Malaysia melakukan kunjungan ke jurusan Ilmu Sejarah Unand. Selama kegiatan ini, mereka diinapkan di Asrama Mahasiswa Unand.

"Selain itu kita juga akan memperkenalkan fasilitas kampus, Perpustakaan dan Minangkabau Corner yang lebih banyak koleksi Minangkabaunya," katanya.

[Satria Putra]