Siswa SMA N 1 Payakumbuh Ini Belajar Satu Tahun di AS

"Siswa kelas 3 di SMAN 1 Payakumbuh ini"
Siswa yang berlajar di Amerika (http://4.bp.blogspot.com/)

KLIKPOSITIF - Keinginan pemerintah Kota Payakumbuh untuk memajukan kota Batiah menjadi kota pendidikan mulai melihatkan aksinya. Tidak tanggung-tanggung, salah seorang pelajar kota itu berhasil lolos untuk belajar 1 tahun penuh di negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Ryandhani Aldi Yudiansyah, merupakan satu-satunya pelajar Payakumbuh yang lolos belajar ke Amerika tahun ajaran 2016/2017. Siswa kelas 3 di SMAN 1 Payakumbuh ini, akan bertolak ke Amerika Serikat, 8 Agustus mendatang. Sebelumnya, dari 1 hingga 7 Agustus mendatang, ia mengikuti orientasi nasional di Jakarta.

Anak kedua dari 3 bersaudara, pasangan buah hati Drs. Richard Moesa dan Yelli Richard ini, tercatat sebagai siswa berprestasi di Payakumbuh. Sejak SD, SMP hingga SMAN selalu meraih juara I.

"Kita optimis Aldi bakal mampu menyesuaikan diri dan belajar di Amerika," kata Hasan Basri Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh.

Tahap seleksi yang dilakukan oleh Aldi cukup ketat. Mulai dari seleksi akademis hingg seleksi Bahasa Inggris Rekrutmen belajar ke Amerika, cukup ketat dan berat dilalui Aldi, Selain kemampuan akademis, kemampuan bahasa Inggrisnya sangat menentukan.

"Alhamdulillah, Aldi ini punya kemampuan pada kedua persyaratan itu," sebut Hasan.

Di Amerika nanti, Aldi menurutnya akan duduk di bangku kelas 3 setingkat SMA. Tapi, di sekolah mana Aldi ditempatkan, belum diperoleh konfirmasinya.

Di Sumatera Barat, selain Aldi, juga tercatat 3 pelajar asal Padang yang akan belajar di Amerika, yaitu 2 siswa SMAN 10 dan satu pelajar SMAN 1 Padang. Selama mengikuti pendidikan, pembiayaanya ditangggung sepenuhnya pemerintahan setempat.

Setelah tamat di sekolah menengah atas dengan mengantongi ijazah sekolah Amerika, Aldi akan kembali ke Payakumbuh. Ia akan duduk kembali di kelas 3 dan akan mengantongi ijazah lokal SMAN 1 dan setingkat SMA di Amerika.

Seperti diketahui, Program belajar ke Amerika ini sudah cukup lama berjalan ... Baca halaman selanjutnya