Ratusan Mahasiswa Unand KKN di Kabupaten Solok

"Mereka akan kita tempatkan di sejumlah nagari "
Bupati Solok H. Gusmal bersama rektor Unand Tafdil Husni (KLIKPOSITIF/Afri)

KLIKPOSITIF - Universitas Andalas (Unand) mengirimkan sebanyak 154 orang mahasiswanya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Solok. Mereka akan melaksanakan kegiatan bakti masyarakat lebih kurang 40 hari mulai dari tanggal 15 Juni hingga 25 Juli 2016.

"Mereka akan kita tempatkan di sejumlah nagari dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Solok," ujar Rektor Unand, Tafdil Husni beberapa waktu lalu saat serah terima dengan Bupati Solok di Ruang Pelangi Aro Suka.

Nagari-nagari yang akan ditempati oleh calon sarjana ini yakni Nagari Sungai Nanam dan Salimpek di Kecamatan Lembah Gumanti, Nagari Sungai Durian di Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Nagari Muaro Pingai di Kecamatan Junjuang Sirieh dan Nagari Salayo di Kecamatan Kubung.

Ia berharap melalui kegiatan KKN ini bisa terbangun karakter mahasiswa yang lebih berkualitas dalam berbagai aspek baik dari pengetahuan, pengalaman dan sosial kemasyarakatan. "Saya minta saudara-saudara (mahasiswa) bisa berbaur dengan masyarakat dan memberikan kontribusi positif," imbaunya.

Sementara itu, Bupati Solok, H. Gusmal mengatakan terjun ketengah tengah masyarakat sangat diperlukan bagi mahasiswa agar lebih mengenal bagaimana karakteristik dan keadaan sesungguhnya di lapangan.

"Selain itu, ini merupakan ajang untuk menerapkan ilmu yang sudah diperoleh di bangku kuliah," ujar Gusmal.

Ia berharap majhasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN-PPM ini untuk bisa membantu masyarakat untuk menggali potensi dengan menyampaikan peluang dan pemahaman yang baik tentang perubahan zaman.

"Dimasa yang akan datang, alangkah baiknya pelaksanaan KKN-PPM bisa diselaraskann dengan visi-misi Kabupaten Solok 2016-2021," harap Gusmal.

[Afri]