Ganefri Terpilih Jadi Rektor UNP Periode 2016-2020

"pemilihan tersebut dilakukan oleh 126 orang yang terdiri dari 82 orang Senat dan 44 orang dari Kementerian."
Ganefri (net)

KLIKPOSITIF -- Prof. Ganefri terpilih sebagai Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) yang baru setelah pemilihan tingkat senat dan menteri meraih suara terbanyak. Pemilihan tersebut dilakukan tertutup, Kamis 16 Juni 2016 di Ruang Senat UNP.

Ketua Tim Pemilihan Rektor UNP, Prof. M Zaim mengatakan, pemilihan tersebut dilakukan oleh 126 orang yang terdiri dari 82 orang Senat dan 44 orang dari Kementerian. Mantan Dekan Fakultas Teknik (FT) ini  berhasil mengalahkan rektor lama, Yanuar Kiram dan calon lainnya, Syamsul Amar.

"Ganefri mendapatkan 63 suara, sementara Yanuar Kiram 44 suara dan Syamsul Amar 23 suara," papar M Zaim.

Menurutnya, pemilihan Rektor tahap senat ini sudah melalui sejumlah tahap yakni mulai dari penjaringan, penyaringan dan pemilihan. Saat penjaringan, ada 7 calon tapi hanya 4 yang bersedia maju. Kemudian, di tahap penyaringan, ada 4 calon dan 3 calon yang bisa melaju di pemilihan.

"Saat pemilihan, suara senat dihitung sebanyak 65 persen dan suara menteri 35 persen. Ganefri berhasil menang setelah mengungguli dua calon lainnya," ucap M Zaim.

Setelah terpilih, Tim Pemilihan Rektor UNP akan langsung mengajukan surat tersebut ke Kementerian dan menunggu keputusan untuk dilantik. "Kemungkinan dilantik setelah masa berlaku Rektor yang lama berakhir, yakni tanggal 20 Juli mendatang," tutupnya.