5 Hal yang Akan Anda Dapatkan Saat Menunaikan Zakat

"Dan bukankah pada setiap rezeki yang anda peroleh, juga ada rezeki orang lain di dalamnya? "
Ilustrasi. (Boldsky)

KLIKPOSITIF - Zakat adalah salah satu konsep penting dalam Islam dan merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Menunaikan zakat memainkan peran penting dalam keuangan umat Islam.

Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan apabila telah memenuhi syarat – syarat yang telah ditentukan oleh agama, dan disalurkan kepada orang–orang yang telah ditentukan pula. Membayar zakat fitrah di bulan Ramadan sangat dianjurkan bagi umat Islam sebagai kesempurnaan ibadah.

Lantas, apa saja manfaat dari membayarkan zakat ini?

Menuai Lebih

Bersedekah sama dengan menanam pohon yang suatu hari anda akan menuai hasilnya. Dari hari ke hari, pohon anda semakin bertambah besar, lalu berbuah, makin banyak dan semakin banyak dari waktu ke waktu. Sedekah, tidak pernah membuat anda miskin.

Meringankan Beban Orang Miskin
Memberikan sedekah membantu anda menghapus kesedihan dan meringankan beban yang dipikul orang-orang miskin. Bersedekah tidak hanya untuk membantu sesama, tapi juga menebarkan kasih sayang.

Aliran Uang Menjadi Seimbang
Kadang-kadang, aliran uang di tengah-tengah masyarakat tidak seimbang. Ada yang hidup berkelebihan, ada yang serba kekurangan. Dengan bersedekah, anda membantu menyeimbangkan aliran uang. Jika anda bisa membeli makanan, maka orang miskin juga bisa membeli makanan. Dan bukankah pada setiap rezeki yang anda peroleh, juga ada rezeki orang lain di dalamnya? 

Membuat Hubungan Anda Makin Kuat dengan Tuhan
Sebagaimana perbuatan baik lainnya, sedekah juga membawa seorang dekat dengan penciptanya dan meningkatkan Iman mereka.

Baca halaman selanjutnya