Ini Penjelasan Kriteria Level UKT yang Diterima Maba Unand

"UKT I diberikan kepada mahasiswa dari keluarga dengan latar belakang orang tua buruh."
Kampus Unand (Unand.ac.id)

KLIKPOSITIF - Wakil Rektor 1 Universitas Andalas Prof. Dr. Dachriyanus, Apt mengatakan, level Uang Kuliah Tunggal (UKT) terendah untuk setiap Fakultas di Unand sama, yaitu sebesar Rp500 ribu sementara UKT tertinggi berbeda-beda pada masing-masing Fakultas.

Di Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum UKT tertinggi adalah Rp2,7juta. Sementara di Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan, UKT tertinggi adalah Rp3 juta. Lalu di Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Keperawatan Rp4juta, Rp 4,3juta di Fakultas Teknik dan di FMIPA Rp4,5 juta.

Selanjutnya di Fakultas Teknologi Informasi Rp5juta, Fakultas Farmasi Rp5,5 juta, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan prodi Psikologi Rp7juta, prodi kebidanan Rp7,7juta dan Rp11juta untuk prodi Kedokteran dan semua prodi di Fakultas Kedokteran Gigi.

Kategori UKT di Unand dibedakan menjadi 5 kelompok, yakni UKT I diberikan kepada mahasiswa dari keluarga dengan latar belakang orang tua buruh yang memiliki berpenghasilan tidak tetap atau PNS golongan I.

"UKT I ini hanya diberikan kepada mahasiswa yang tidak tertampung dalam skema Bidikmisi yang dialokasikan oleh Dirjend DIKTI untuk Unand," katanya.

BACA: Unand Akan Klarifikasi Ketat dalam Penetapan UKT Maba Tahun Ini

Selanjutnya UKT II bagi mahasiswa dari keluarga dengan orang tua PNS Golongan II, karyawan swasta atau wiraswasta yang berpenghasilan setara dengan PNS Golongan II. Lalu UKT III diberlakukan kepada mahasiswa yang orang tuanya PNS Golongan III, karyawan swasta atau wiraswasta yang berpenghasilan setara PNS Golongan III.

UKT IV ditujukan untuk mahasiswa dengan latar belakang orang tua PNS Golongan IV, karyawan swasta atau wirausaha yang berpendapatan ... Baca halaman selanjutnya