Unand Akan Klarifikasi Ketat dalam Penetapan UKT Maba Tahun Ini

"Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang ditetapkan di Unand termasuk yang rendah di Indonesia."
Kampus Unand (Unand.ac.id)

KLIKPOSITIF - Universitas Andalas akan melakukan klarifikasi secara ketat dalam proses penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dimulai pada mahasiswa baru (maba) tahun ini.

Wakil Rektor 1 Universitas Andalas Prof. Dr. Dachriyanus, Apt mengatakan, pihaknya berharap maba nantinya mengisi data UKT dengan jujur dan benar serta tidak perlu takut untuk memperoleh UKT di level yang tinggi.

"Banyak mahasiswa yang takut memperoleh UKT tertinggi akibatnya sedikit mengubah di proses pengisisan," katanya kepada KLIKPOSITIF, Senin, 13 Juni 2016.

Ia menyatakan bahwa Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang ditetapkan di Unand termasuk yang rendah di Indonesia.

"Pembayaran UKT di Unand sudah termasuk rendah di Indonesia, karena kita mengikuti kemampuan ekonomi mahasiswa yang masuk," katanya kepada KLIKPOSITIF Senin, 13 Juni 2016.

Ia menjelaskan, pembayaran UKT sebesar Rp500.000 merupakan salah satu yang terendah di Indonesia. Bahkan, ia melanjutkan, bila dibandingkan perguruan tinggi di Kota Padang, jumlah UKT Unand jauh lebih rendah.

"Secara kualitas kita sejajar dengan perguruan tinggi favorit lainya di Indonesia, namun UKT tentunya harus disesuaikan dengan keadaan," katanya.

Dalam hal ini WR 1 Unand berharap mahasiswa atau pihak lain yang selalu mempertanyakan terkait UKT dapat memahami. Menurut dia beberapa permasalahan UKT lebih bersifat teknis karena sistem tersebut baru digunakan. Selain itu adanya masalah tidak sinkron UKT lebih pada ketakutan mahasiswa saat mengisi saat pendaftaran.

"Kami mengimbau mahasiswa dan semua pihak mendukung kinerja kami dalam memperkuat konsistensi penggunaan UKT tersebut," ujarnya.

[Satria Putra]