4.613 Mahasiswa Unand Akan KKN di 17 Daerah Minggu Depan

"Pihaknya juga memberikan pembekalan kepada mahasiswa, misalnya tentang bahaya narkoba dengan mendatangkan BNN."
Kampus Unand. (Net)

KLIKPOSITIF - Sebanyak 4.613 mahasiswa Universitas Andalas akan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) minggu depan, 15 Juni di 17 Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Ketua Badan Pengelola (BP) KKK Unand Ujang Khairul mengatakan, mahasiswa yang ikut program KKN tahun ini rata-rata mahasiswa angkatan 2013, "namun ada juga yang angkatan 2012 yaitu Mahasiswa Kedokteran karena mereka banyak mengikuti Co Ass," katanya.

Ia mengatakan, dua bulan sebelum dimulainya kegiatan KKN ini, BP KKN telah memulai verifikasi lokasi. Lokasi ini sebelumnya ditentukan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Provinsi Sumbar atas usulan Pemerintah Kabupaten/Kota. Selanjutnya, kata dia, BPM Provinsi mengusulkan lokasi yang ada ke Unand dan universitas lain yang juga memiliki program KKN.

"Namun tidak semua usulan itu kita terima. Tahun lalu kita menemukan lokasi yang baru dibuka sehingga tidak mungkin kita menempatkan mahasiswa KKN ke daerah yang cocoknya untuk Tentara Masuk Desa, di mana untuk masuk ke daerah itu harus dua kali naik sampan," ujarnya.

"Karena itulah kita melakukan verifikasi dan jika ada menemukan lokasi penempatan seperti itu, maka kita mengajukan penggantian lokasi atas persetujuan BPM Provinsi," katanya.

Selain itu, ia melanjutkan, pihaknya juga memberikan pembekalan kepada mahasiswa, misalnya tentang bahaya narkoba dengan mendatangkan BNN. Selain itu juga ada pembekalan tentang Adat Budaya Minangkabau, pembekalan dengan BKKBN, "kemudian ada juga pembekalan tentang Pendampingan Pembangunan Nagari untuk mendampingi Walinagari dalam menggunakan Dana Desa sebanyak 1 Miliyar itu. Ini adalah tugas mahasiwa Hukum dan Ekonomi," ujarnya.

[Satria Putra]