Unand Akan Kawal Kelompok Tani di Pauh Mengolah Biogas untuk Pembangkit Listrik

Kegiatan pengabdian masyarakat Unand di desa Lumbuang Bukik, Pauh, Padang.
Kegiatan pengabdian masyarakat Unand di desa Lumbuang Bukik, Pauh, Padang. (KLIKPOSITIF/Satria Putra)

KLIKPOSITIF - Universitas Andalas berkomitmen untuk mengawal Kelompok Tani Sungkai Permai di Kelurahan Lumbuang Bukik, Kecamatan Pauh, Kota Padang untuk mengembangkan biogas sebagai pembangkit tenaga listrik.

Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat dalam rangka Lustrum dan Kongres Ika Unand, Benni Satria, mengatakan, saat ini ada empat program yang diusung oleh Unand yaitu, membuat produk teh, mengendalikan hama kutu, pengembangan pakan ternak dan pengolahan kompos.

"Ke depannya harapan kami sehubung bio gas sudah ada di sini walaupun belum banyak, kami berencana mengembangkannya untuk membuat pembangkit tenaga listrik. Kita akan mengawal kelompok tani ini untuk mengolah bio gas dan nanti kita akan bekerjasama dengan Fakultas Teknik (Unand)," katanya dalam kegiatan pengabdian masyarakat di Lumbuang Bukik, Rabu, 1 Juni.

Baca Juga

Tidak hanya itu, ia menjelaskan, Fakultas Pertanian Unand juga akan membantu masyarakat di daerah itu dalam pengolahan gaharu dan pengenendalian hama tanaman, "sementara untuk pengolahan pakan ternak dan kompos bisa bekerjasama dengan Fakultas Peternakan," katanya.

Ia mengatakan, Kelompok Tani Sungkai Permai merupakan 'labor' yang telah dijadikan sebagai tempat pembelajaran dan praktek bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand).

Ia mengatakan kegiatan ini bermitra dengan masyarakat dalam bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menjadikan Kelompok Tani Sungkai Permai sebagai Kelompok Tani binaan BEM Fakultas Pertanian Unand.

 "Kegiatan kita tidak hari ini saja, ini adalah akumulasi kegiatan dari waktu sebelumnya yang mana tiap minggu dosen-dosen pertanian turun ke sini untuk membina Kelompok Tani Sungkai Permai," katanya.

Program Pengabdian masyarakat ini tidak dilakukan di Lumbuang Bukik saja, tapi juga pada Kelompok Tani Patamuan Jaya di Patamuan Batu Busuak.

"Di sana kita bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Unand, PT Semen Padang dan Pemda melalui Dinas Kehutanan. Kegianatan Pengabdian ini juga sampai ke Limau Manih Selatan dan Batu Gadang dalam Program Tanaman Elok Nagari dengan mengembangkan Gaharu dan Holtikultura," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menghadiri pengabdian masyarakat yang dilakukan Unand di Kelurahan Lumbuang Bukik dan melakukan panen kangkung Kelompok Tani Sungkai Permai. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari HUT Kota Padang ke-347, Dies Natalis Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand) ke 63 tahun, Lustrum Unand ke 12 dan Kongres IKA Unand yang ke 13.

BACA: Hadiri Pengabdian Masyarakat Unand, Wako Padang Panen Sayur Kangkung di Pauh

[Satria Putra]

Editor: Elvia Mawarni