Hadiri Pengabdian Masyarakat Unand, Wako Padang Panen Sayur Kangkung di Pauh

"Pemko Padang juga akan berupaya membantu pengembangan sarana prasarana di desa Sungkai, salah satunya pengadaan jaringan listrik."
Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah saat memberi sambutan di kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Lumbuang Bukik. (KLIKPOSITIF/Satria Putra)

KLIKPOSITIF - Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah melakukan panen sayur kangkung di kebun Kelompok Tani Sungkai Permai di Kelurahan Lumbuang Bukik, Kecamatan Pauh dalam sebuah kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan Universitas Andalas (Unand).

"Ini sesuatu yang bagus dan luar biasa ketika kampus dan masyarakat saling bahu membahu untuk mengembangkan potensi yang ada di masyarakat," kata Mahyeldi di Lumbuang Bukik, Rabu, 1 Juni 2016 siang.

Ia mengatakan Pemko Padang akan membantu pengembangan potensi yang ada di Kelurahan Lumbuang Bukik khususnya pada Kelompok Tani Sungkai Permai karena "ini daerah yang subur, ditambah lagi masysarakat yang kreatif dan mampu berinovasi," katanya.

Selain itu, ia melanjutkan, Pemko Padang juga akan berupaya membantu pengembangan sarana prasarana di desa Sungkai, salah satunya pengadaan jaringan listrik.

"Belum adanya penerangan listrik di Sungkai merupakan PR kita bersama, nanti kita lihat potensi apa yang bisa digunakan di Sungkai untuk penerangan ini. Apakah sumber airnya ataupun Biogas yang sudah mulai dikembangkan oleh masyarakat di sini untuk kita gunakan," katanya.

Pada kesempatan itu, wako mengajak para petani sayur kangkung untuk bekerjasama dengan Koperasi Pemko Padang dan mendorong dosen-dosen Unand untuk memesan sayur ke kelompok Tani Sungkai Permai.

Pengabdian masyarakat ini diadakan dalam rangka HUT Kota Padang ke-347, Dies Natalis Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand) ke 63 tahun, Lustrum Unand ke 12 dan Kongres IKA Unand yang ke 13.

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Padang, Rektor Unand, Dekan Fakultas Pertanian Unand, Ketua LPPM Unand, Ketua dan Jajaran Keanggotaan Panitia Kongres IKA Unand, dosen, mahasiswa, anggota Kelompok Tani Sungkai Permai dan Masyarakat Lumbuang Bukik.

[Satria Putra]