Tahun Ini, Unand Terima 1.500 Mahasiswa Baru Lewat Jalur Mandiri

"Mereka nantinya juga bisa berkesempatan mengurus beasiswa yang ada di Universitas Andalas"
Kampus Unand (unand.ac.id)

KLIKPOSITIF - Universitas Andalas (Unand) kembali menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri setelah 3 tahun belakangan ditiadakan.

Wakil Rektor 1 Unand Dachriyanus mengatakan, jalur mandiri atau dikenal juga dengan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) ini dibuka untuk semua program studi dengan pendaftaran dimulai pada 16 Mei sampai 22 Juli 2016 dan Ujian Masuk dilaksanakan pada 24 Juli 2016.

"Unand kembali membuka penerimaan mahasiswa jalur mandiri karena adanya izin dari Kemenristek Dikti. Sistem penerimaan jalur mandiri ini melalui ujian tertulis yang diadakan oleh panitai masing-masing universitas," kata Dachriyanus saat ditemui KLIKPOSITIF di ruangannya, Selasa, 24 Mei 2016.

Melaui SK Kemenritek Dikti, ia melanjutkan, Unand menerima kouta sekitar 5000 mahasiswa baru, di mana sebesar 40% untuk jalur SNMPTN, 30% untuk jalur SBMPTN dan 30% atau sekitar 1.500 mahasiswa untuk jalur Mandiri. Ia mengatakan, dibuka kembali jalur Mandiri di Unand tujuannya adalah menyeimbangkan sistem pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Universitas Andalas.

"Di Universitas Andalas mayoritas mahasiswa berada di level 1 dan 2 UKT," tuturnya.

Mahasiswa yang masuk ke Unand lewat jalur mandiri, kata dia, juga menggunakan sitem UKT dalam pembayaran uang kuliah, "tapi tentu levelnya bukan level 1 dan 2, mungkin level pembayaran mereka ada di level 3, 4 , 5, 6 atau 7," katanya.

Saat ini sudah ada sekitar 200 mahasiswa yang telah mendaftar jalur mandiri Unand semenjak pendaftaran dibuka pada 16 Mei lalu. Biasanya banyak pendaftar setelah pengumanan hasil SBMPTN, katanya.

"Mahasiwa yang masuk lewat jalur Mandiri ini tidak dibeda-bedakan dengan mahasiwa lain. Mereka bayar uang kuliah juga dengan Sistem UKT, mereka belajar bersama dalam kelas yang sama dengan mahasiswa yang masuk lewat jalur SNMPTN atau lewat jalur SBMPTN, mereka nantinya juga bisa berkesempatan mengurus ... Baca halaman selanjutnya