HARI BUKU NASIONAL: Ini Tips Merawat Buku dengan Benar

"Bahan baku kertas berasal dari kayu yang dijadikan bubur kemudian dicetak menjadi lembaran-lembaran tipis, sehingga bisa mengundang rayap."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Positifers, merawat buku bukanlah hal yang sulit, namun seringkali orang malas atau tidak tahu cara merawatnya. Nah, kali ini KLIKPOSITIF akan berbagi tips cara merawat buku:

1. Sampul
Selain terlihat rapi, buku yang disampul juga akan terawat. Sebelum menyampul buku carilah plastik yang agak tebal dan tidak lengket untuk sampul buku anda. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menyampul buku terlalu ketat, karena nanti bisa membuat bagian cover terlipat jika sering dibuka.

2. Jangan Dilipat
Melipat buku bisa merusak kertas. Gunakan pembatas buku jika Anda ingin menandai buku. Pembatas buku tidak harus dengan sesuatu yang mahal dan cantik lho! Anda bisa gunakan selembar daun, kertas atau benda lainnya yang bisa didapatkan dengan mudah. Namun ingat, jangan menandai buku dengan benda tebal seperti pulpen atau lainnya karena bisa merusak Jilid.

3. Susun berdiri, bukan ditumpuk
Simpan buku dengan cara disusun berdiri. Jangan pernah menumpuk buku karena bisa merusak jilid buku dan covernya. Anda bisa gunakan pembatas rak agar buku yang disusun berdiri tegak. Susunlah buku berdasarkan klasifikasinya agar nanti mudah untuk dicari. Pengecualian untuk booklet bisa disimpan dengan cara ditumpuk.

4. Bersihkan secara rutin
Buku kalau telalu lama disimpan dan dipajang pasti berdebu. Anda bisa mengatasi hal ini dengan rutin membersihkannya, apakah dengan kemoceng atau lap basah.

5. Jangan ditekuk & dilipat
Ini kesalahan yang sering terjadi. Umumnya ketika orang membaca buku jari telunjuk mereka suka membentuk lekukan pada buku. ini menyebabkan buku menjadi ... Baca halaman selanjutnya