Tahukah Anda Sejarah Penetapan HARI BUKU NASIONAL?

"Peringatan Hari Buku Nasional selalu diisi dengan berbagai kegiatan menarik. "
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Selamat Hari Buku Nasional Positifers !

Yap. Hari ini, 17 Mei bertepatan dengan peringatan Hari Buku Nasional. Tahukah anda bagaimana sejarah penetapan Hari Buku Nasional pada tanggal ini?

Penentuan 17 Mei sebagai Hari Buku Nasional merupakan ide Menteri Pendidikan dari Kabinet Gotong Royong, Abdul Malik Fadjar sejak 2002. Pada hari itu, juga bertepatan dengan peringatan pendirian Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) di Jakarta yang didirikan pada tanggal 17 Mei 1980.

Mengingat antara Perpustakaan dan buku merupakan dua hal yang sangat erat kaitannya, maka ditetapkanlah peringatan Hari Buku Nasional bersamaan dengan PNRI.

Peringatan Hari Buku Nasional selalu diisi dengan berbagai kegiatan menarik. Tahun ini misalnya ada diskon di toko-toko buku besar di tanah air, lalu juga ada kegiatan bagi-bagi buku. Dengan adanya peringatan Hari Buku Nasional ini, diharapkan mampu memacu minat baca masyarakat Indonesia, sekaligus menaikkan penjualan buku.

Diketahui, di Indonesia rata-rata hanya 18 ribu judul buku yang dicetak setiap tahunnya. Jumlah tersebut jauh berbeda dengan negara lainnya, seperti Jepang dengan 40 ribu judul buku per tahun dan China dengan 140 ribu judul per tahun.