Gagal Jadi Bintara Polri, Fauzan Hawari Lulus di AAL

"Kami salut dengan Pak Mahdi dan Buk Rita. Mereka itu orangtua yang tidak terlalu tegas mendidik anak-anaknya."
Fauzan Hawari (tengah) foto bersama dengan keduoa orangtuanya usai dinyatakan lulus sebagai taruna AAL 2017 (istimewa)

DIBALIK anak yang sukses terdapat orang tua yang hebat. Itulah pribahasa yang pas disematkan kepada pasangan suami-istri, Muhammad Mahdi dan Rita Fauziah, yang merupakan orangtua dari satu-satunya wakil Sumatera Barat yang lulus menjadi Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 2017 bernama Fauzan Hawari.

Kini kehebatan pasangan suami-istri yang menikah pada 28 Agustus 1992 silam itu menjadi buah bibir bagi masyarakat, terutama masyarakat di tempat tinggalnya, Jalan Cendrawasih, Blok O, RT03/RW03 Ulu Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

“Kami salut dengan Pak Mahdi dan Buk Rita. Mereka orangtua yang tidak terlalu tegas mendidik anak-anaknya. Namun, anak mereka lulus menjadi Taruna AAL. Sebagai tetangga, kami turut berbangga dengan kesuksesan yang mereka raih,” kata salah seorang tetangga Pak Mahdi saat ditemui Rabu (11/10) sore.

Mahdi pun yang ditemui di rumahnya tak menampik pujian yang disampaikan para tetangga. Begitu juga dengan istrinya. Bahkan, kata Mahdi, pujian serupa juga sering diungkapkan oleh kerabat, teman, termasuk rekan kerjanya di PT Semen Padang. Kendati demikian, pria kelahiran Payakumbuh 53 tahun silam itu menilai bahwa pujian yang dialamatkan kepadanya agak berlebihan.

"Jujur, memang kami terharu dengan pujian tersebut. Sebenarnya, kesuksesan yang diraih anak kami bukan karena kami hebat. Kami hanya mendukung keinginan anak kami. Ini semua adalah takdir dari Allah SWT,” ucap Mahdi didampingi istrinya.

Staf Biro Pengamanan PT Semen Padang itu menyebut kesuksesan yang diraih Fauzan merupakan takdir, karena sebelum menjadi Taruna AAL, Fauzan pernah mengikuti seleksi penerimaan Calon Bintara Polri pada 2015, namun Fauzan hanya sanggup menjalani beberapa seleksi.

“Kalau tidak salah, anak saya itu gagal di tes akademi,” ujarnya. Sejak gagal menjadi Bintara Polri, Fauzan, sebut Mahdi, ... Baca halaman selanjutnya