Mengabdi Pada Masyarakat Nagari, 18 Dosen Akuntansi Pindah Mengajar

"40 peserta yang mendapat pengajaran dari dosen Akuntansi Unand itu terlihat antusias, mereka tak menyangka dapat pengajaran langsung dari dosen."
18 dosen Akutansi yang melakukan pengabdian di Sungai Buluah Timur, selain Yurniwati juga terlihag aktif Ketua Jurusan Akutansi Rahmat Febrianto dan lainnya (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- 18 orang dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Univeristas Andalas pindah mengajar. Atas nama pengabdian mereka mengajari warga nagari layaknya seperti mengajari mahasiswa selama dua hari 13-14.

"Kami melakukan pengabdian masyarakat sesuai kapasitas kami yang merupakan dosen akutansi tentu materi terkait laporan keuangan," kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Dr. Yurniwati, kepada wartawan usai melakukan pengabdian di Nagari Sungai Buluah Timur, Kamis 14/9.

40 peserta yang mendapat pengajaran dari dosen Akuntansi Unand itu terlihat antusias, mereka tak menyangka dapat pengajaran langsung dari dosen.

"Ternyata indak susah buek laporan keuangan usaha ko doh, asa lai namuah baraja, salamo ko nan wak tau hanyo modal dan bara tajua se (tidak susah buat laporan keuangan UMKM, asal mau belajar, selama ini, saya hanga tahu modal dan berapa terjual saja)," ujar seorang peserta.

Pelatihan sendiri disaksikan langsung oleh tokoh masyarakat di nagari tersebut. Seperti Ketua LKAAM, ketua pemuda, ketua kelompok tani, ketua PKK, ketua Bamus dna ninik mamak serta cerdik pandai di nagari tersebut.

"Kami sangat senang dan bangga ibu dan pak dosen datang ke nagari kami dan memberi kuliah soal Akutansi kepada warga kamj," ujar Wali Nagari Sungai Buluah Timur Fauzi.

Menurut Yurniwati, sasaran pengabdian masyarakat dari Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Unand Sungai Buluah Timur tidak lepas dari peran Unand Padang sebagai bagian dari Forum Perguruan Tinggi untuk Desa yang dicanangkan Mengeri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo beberapa waktu lalu.

"Ini wujud dari pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat, apalagi Unand Padang bagian dari Forum Perguruan Tinggi untuk Desa yang dibentuk oleh Menteri Desa,"ujar Yurniwati.

Dan para dosen yang melakukan pengabdian ke Nagari Sungai Buluah Timur merupakan dosen aktif yang telah melahirkan ratusan sarjana akuntansi.

"Kita menargetkan ... Baca halaman selanjutnya