Pasang Video di YouTube, Gadis Australia Dikontak Perusahaan Musik

"Ia telah menandatangani kesepakatan dengan sebuah perusahaan musik untuk menggunakan karyanya"
Sabrina, perempuan 20 tahun, tidak pernah mencari ketenaran, tetapi ia mendapatkannya begitu saja (australiaplus.com)

KLIKPOSITIF - Sabrina, perempuan 20 tahun, tidak pernah mencari ketenaran, tetapi ia mendapatkannya begitu saja. Ia telah menandatangani kesepakatan dengan sebuah perusahaan musik untuk menggunakan karyanya, yang menyanyikan ulang lagu klasik Australia, "Down Under"

Setahun yang lalu di kamar tidurnya, Sabrina yang masih seorang mahasiswi, menyanyikan lagu yang aslinya dibawakan oleh band Men At Work. Sabrina, yang tinggal di rumah bersama kedua orang tuanya, mengunggah video nyanyiannya di YouTube, agar teman dan keluarganya bisa melihat. Ia pun lalu melupakannya.

"Saya telah memasang empat video di saluran YouTube. Saya bukan bintang YouTube, tidak selalu mengunggah," jelasnya.

Dua minggu yang lalu, Sabrina menerima email dari sebuah perusahaan musik yang ingin membeli hak cipta untuk memakai lagu ubahannya tersebut sebagai tema untuk serial Wolf Creek musim kedua, yang diputar di layanan streaming online. "Saya sedang menelepon ibu saya. Karena saya berada di kereta api, saya tidak bisa berteriak kegirangan. Saya berkata, bisakah seseorang meneliti orang ini lebih jauh, karena kita harus tahu apakah ini benar atau tidak," katanya.

Empat hari kemudian, ia pun akhirnya sepakat, tentu bukanlah hal yang buruk bagi gadis muda yang awalnya hanya menyanyi untuk kesenangan. "Ini hanya hobi buat diri sendiri, bukan yang ingin saya lakukan di depan orang banyak. Seperti yang bisa dilihat di video, saya hanya di kamar tidur," katanya.

Sementara itu, Dave Ruby Howe, direktur musik JJJ Unearthed, mengatakan kamar tidur kini menjadi panggung baru bagi para pemusik. Sebuah medium bagi musisi yang baru menjajaki industrinya untuk berbagi pekerjaan mereka.

Ruby mengatakan label besar secara teratur menjelajahi internet untuk mencari bakat baru. "Ini benar-benar membebaskan," katanya.

"Internet menghubungkan begitu banyak orang, dan begitu banyak orang tertarik untuk menemukan sesuatu yang baru. Sesuatu ... Baca halaman selanjutnya