Puntung Rokok Bisa Dimanfaatkan untuk Campuran Aspal

" Cara ini untuk menghentikan pembungan puntung rokok secara sembarang."
Tim peneliti pada RMIT University mendesak pemerintah Australia dan industri konstruksi memanfaatkan limbah puntung rokok sebagai bahan campuran material pelapis permukaan jalan (pixabay)

KLIKPOSITIF - Tim peneliti pada RMIT University mendesak pemerintah Australia dan industri konstruksi memanfaatkan limbah puntung rokok sebagai bahan campuran material pelapis permukaan jalan. Cara ini untuk menghentikan pembungan puntung rokok secara sembarang.

Tim peneliti yang dipimpin oleh dosen teknik, Abbas Mohajerani, menyatakan telah menemukan cara mencampur puntung rokok dengan aspal untuk membantu pembangunan jalan.

Pengujian yang mereka lakukan menunjukkan penggunaan campuran puntung rokok akan mengurangi konduksi panas sehingga membantu mengurangi suhu udara panas di perkotaaan.

Sebagian besar puntung rokok tidak dapat terurai secara alamiah dan bahan kimia beracun di dalamnya dilepaskan ke lingkungan.

Setiap tahunnya, dunia menghasilkan 1,2 juta ton limbah rokok. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat lebih dari 50 persen pada 2025 saat populasi dunia meningkat.

Para perokok di Melbourne membuang sekitar 9 juta puntung rokok ke TPA setiap tahunnya. Hal ini mendorong pemerintah setempat mengirim sebagian sampah puntung rokok itu ke luar negeri untuk diubah menjadi perabotan.

Di Sydney, pemerintah kotanya memberikan tabung gratis yang dapat digunakan perokok sebagai asbak pribadi untuk mencegah membuang abu rokok sembarangan.

Ia mengatakan studi yang telah dipublikasikan di jurnal Bahan Konstruksi dan Bangunan ini, melibatkan penggunaan aspal dan lilin parafin untuk mencegah bahan kimia keluar dari puntung rokok.

Dia mengatakan jika puntung rokok digunakan dalam pembuatan jalan dalam skala besar, sampah beracun dapat dikurangi secara drastis. "Misalkan saja kita memasukkan 10 sampai 15 kilogram puntung rokok dalam satu kubik meter beton aspal, yaitu 2.200 kg, itu tidak banyak mengubah strukturnya," katanya.

Aspal telah digunakan untuk menyimpan bahan nuklir di Prancis selama bertahun-tahun. "Fungsi filter yakni menyaring dan menjebak bahan kimia. Ada lebih dari ... Baca halaman selanjutnya