Mengabdi di Limapuluh Kota, Ini yang Dilakukan Mahasiswa Unand

"Kegiatan ini berlangsung sejak Senin 7 Agustus 2017"
Mahasiswa Unand periksa kondisi kesehatan masyarakat Sarilamak Limapuluh Kota (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF - Puluhan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Andalas (Unand) Padang gelar bhakti sosial (baksos) dan donor darah di dua jorong di Limapuluh Kota, Selasa 8 Agustus 2017.

Menurut salah seorang mahasiswa, Nova Hernanda, kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja mahasiswa KKN-PPM Unand di Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja mahasiswa dan bentuk pengabdian mahasiswa KKN-PPM Unand kepada masyarakat di Nagari Sarilamak yang berlangsung sejak Senin 7 Agustus 2017.

"Selain baksos dan pemeriksaan golongan darah gratis, juga dilakukan pemeriksaan tekanan darah sama konsultasi kesehatan yang mungkin selama ini jarang dilakukan masyarakat," kata Nova yang dibimbing dalam Kelompok KKN-PPM Unand oleh Ulfanora.

Nova menjelaskan target kegiatan ini sendiri yaitu masyarakat sekitar lokasi KKN, mulai dari anak-anak sampai lansia bisa mengetahui golongan darah mereka masing-masing serta mendapatkan edukasi dini bagi anak-anak.

"Alhamdulillah, warga sangat antusias dengan banyaknya masyarakat yang datang memeriksakan golongan darahnya dan kesehatannya. Tercatat 103 lebih masyarakat yang mendaftar dan datang ke lokasi kegiatan. KKN ini sebelumnya sudah dimulai sejak tanggal 4 Juli lalu hingga 13 Agustus 2017 mendatang," kata Nova didampingi Ketua Kelompok KKN-PPM Unand Alif Lammin kepada KLIKPOSITIF.

Nova menambahkan, masyarakat KKN-PPM Unand juga menggelar gotong royong jalan di Jorong Sarilamak, pembuatan website nagari, sosialisasi pembuatan Mikroorganisme Lokal (MOL), pembuatan logo pemuda, peta nagari, dan kegiatan-kegiatan lainnya di SD, SMP dan SMA

[Ade Suhendra]