Inilah Kemampuan yang Dibutuhkan Dunia Kerja Tahun 2030

" sistem pendidikan perlu diubah untuk mempersiapkan anak-anak sekolah untuk masa depan mereka"
Sistem pendidikan perlu diubah untuk mempersiapkan anak-anak sekolah untuk masa depan mereka (australiaplus.com)

INSKLIKPOSITIF - Sebuah laporan terbaru memprediksi, keterampilan yang dibutuhkan oleh para pekerja di masa depan akan sangat berbeda dengan yang ada saat ini. Selain itu, laporan tersebut juga memeringatkan bahwa sistem pendidikan perlu diubah untuk mempersiapkan anak-anak sekolah untuk masa depan mereka.

Laporan New Work Smarts dari Yayasan untuk Kaum Muda Australia (FYA) telah memperkirakan, semua pekerjaan akan beralih ke sistem otomasi selama dua dekade ke depan. Para pekerja di tahun 2030 akan melakukan lebih sedikit tugas rutin dan manual, dan malah berfokus pada interaksi manusia, pemikiran strategis serta kreatif.

Mereka juga akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar sambil bekerja, memecahkan masalah dan menggunakan keterampilan sains serta matematika. Jan Owen, chief executive FYA, mengatakan bahwa mereka memperkirakan, orang akan menghabiskan waktu 30 persen lebih banyak untuk belajar sambil bekerja daripada yang mereka lakukan saat ini.

"Kami berharap, orang-orang menghabiskan waktu dua kali lipat lebih banyak untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, menggunakan matematika, sains dan teknologi serta kemampuan menulis dan verbal," jelasnya.

Dengan perkiraan jumlah manajer yang lebih sedikit, para pekerja harus mengawasi dan mengelola diri mereka sendiri, menerapkan pola pikir kewirausahaan agar bisa maju. Laporan tersebut memeringatkan tentang "kekurangan potensial dari sistem pendidikan saat ini -sebuah sistem yang terus menilai secara formal berdasarkan pemahaman lama tentang definis 'cerdas'."

Owen mengatakan bahwa keseluruhan sistem pembelajaran dari tingkat pra-sekolah hingga pendidikan tinggi, dan seterusnya, memerlukan perancangan ulang. "Sampai saat ini kami mengukur kecerdasan di sekolah dari bagaimana Anda menjalani tes. Laporan ini mengatakan, kecerdasan lebih tentang kemampuan kognitif dan emosional Anda -saya menyebutnya kecerdasan manusia," ungkapnya.

Owen ... Baca halaman selanjutnya