Petani Tasmania Gunakan Drone Agar Irigasi Lebih Efisien

"Proyek senilai $ 31 juta (atau setara Rp 310 miliar) ini akan menyalurkan kelebihan air dari Sungai Shannon ke 27 lahan di seluruh distrik Bothwell."
Petani Tasmania, Will Bignell, sibuk menyiapkan lahannya di wilayah Bothwell untuk menyambut kedatangan air dari skema irigasi yang baru (http://www.australiaplus.com)

KLIKPOSITIF - Petani Tasmania, Will Bignell, sibuk menyiapkan lahannya di wilayah Bothwell untuk menyambut kedatangan air dari skema irigasi yang baru. Dalam hitungan bulan, ia mengharapkan mendapat manfaat dari Skema Irigasi Dataran Tinggi Selatan.

Proyek senilai $ 31 juta (atau setara Rp 310 miliar) ini akan menyalurkan kelebihan air dari Sungai Shannon ke 27 lahan di seluruh distrik Bothwell. Bignell mengatakan bahwa skema tersebut akan bisa menjangkau daerah pertanian yang sebelumnya hanya cocok untuk penggembalaan domba.

"Bagi kami di sini, untuk mendapatkan air tak pernah efektif dalam hal biaya, dan ini membuka ujung lahan pertanian untuk melipatgandakan daerah irigasi kami dan benar-benar meningkatkan intensifikasi kami serta menyebarkan risiko kami," ungkapnya.

Untuk memaksimalkan keuntungan atas investasinya, Bignell mengatakan bahwa teknik pertanian presisi sangatlah penting. Ini termasuk penggunaan drone untuk membuat rincian medan, drainase, variabilitas tanah serta peta irigasi.

Data tersebut memungkinkan Bignell untuk menunjukkan titik mana di lahannya yang membuat air ekstra akan sangat berguna. Bignell telah menyiapkan jaringan wi-fi di lahannya dan pada akhirnya akan mengendalikan irigasi di situs itu melalui telepon genggamnya. "Di mana saja di dunia ini, saya bisa mengendalikan alat penyiram apapun di atasnya," katanya.

Ia menjelaskan mengatakan bahwa investasi teknologi yang besar membantu pertaniannya beroperasi dengan lebih efisien. "Saya akan mengupayakan pemanfaatan maksimal dari padang rumput dan pakan ternak khusus dan menggunakan air dari skema ini dengan sangat cerdas," katanya.

"Ini jauh lebih mahal daripada yang biasa kami lakukan, jadi saya harus sangat pintar," jelasnya.

Dilansir dari laman australia.au.co, setelah rekor kering di awal musim dingin yang dialami negara bagian Tasmania, ada kekhawatiran bahwa bendungan Southernfield akan tetap kosong. ... Baca halaman selanjutnya