SD Bustanul Ulum Semen Padang Raih Adiwiyata Mandiri 2017

"Penghargaan itu diperoleh bersama sepuluh sekolah lainnya yang ada di Sumatera Barat"
SD Bustanul Ulum (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF --  SD Bustanul Ulum binaan CSR PT Semen Padang berhasil meraih penghargaan sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2017. Penghargaan itu diperoleh bersama sepuluh sekolah lainnya yang ada di Sumatera Barat. Penyerahan penghargaan dijadwalkan di Jakarta, pada 2 Agustus 2017.

"Alhamdulillah kita mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri tahun 2017. Kepastian penghargaan itu kami ketahui dari surat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia tertanggal 21 Juli 2017 yang kami terima pada Selasa (25/7/2017)," kata Kepala Sekolah SD Bustanul Ulum, Bustami, Selasa (25/7).

Bustami mengatakan, keberhasilan SD Bustanul Ulum meraih Adiwiyata Mandiri tersebut merupakan hasil perjuangan, kerja keras seluruh jajarannya, dan tak terlepas dari dukungan PT Semen Padang, dan Yayasan Igasar.

SD Bustanul Ulum sebelumnya telah meraih penghargaan Adiwiyata tingkat kota Padang pada 2013, kemudian Adiwiyata Provinsi pada November 2014, dan sekolah Adiwiyata Nasional pada 2015.

"Dengan beberapa penghargaan itu, maka kami melakukan persiapan untuk penilaian sekolah Adiwiyata Mandiri," jelasnya.

Berbagai program dilakukan SD Bustanul Ulum untuk meraih Adiwiyata Mandiri, seperti dengan melakukan persiapan fisik dan pembinaan terhadap 12 sekolah Adiwiyata.

Persiapan fisik berupa kelengkapan taman dan hal-hal yang mendukung untuk sekolah Adiwiyata, serta dilanjutkan dengan pengisian beberapa aplikasi penilaian yang berjumlah sebanyak 120 aplikasi.

"Salah satu di antara aplikasi itu yakni pembuatan taman sekolah yang melibatkan masyarakat sekitar sekolah," tuturnya.

Tim penilai dalam hal ini terdiri dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan RI, Dinas Lingkungan Hidup provinsi dan tingkat kota sebanyak satu orang. Penilaian dilkukan pada 21 Mei 2017 lalu.

Pada tahun ini, sepuluh sekolah di Sumatera Barat berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri, di antaranya, ... Baca halaman selanjutnya