Perguruan Tinggi Ini Deklarasikan Anti Radikalisme di UNP

"Ada empat provinsi yang ikut mendeklarasikan anti radikalisme di UNP"
Deklarasi anti radikalisme di UNP, Sabtu (15/07/2017) (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Sejumlah pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Sumatra, diantaranya Sumatra Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau, mendeklarasikan anti radikalisme di Auditorium Universitas Negeri Padang, Sabtu 15 Juli 2017. Deklarasi tersebut langsung disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla.

"Saya mendukung kegiatan yang dilakukan oleh seluruh universitas ini," ujar Jusuf Kalla dalam sambutannya.

Ia mengatakan, pendeklarasian anti radikalisme tersebut harusnya dilakukan mulai dari dunia pendidikan seperti yang dilakukan oleh universitas tersebut.

"Seluruh masyarakat memang harus waspada dengan radikalisme yang akhir-akhir ini marak terjadi," lanjutnya.

Ia berharap agar pendeklarasian tersebut tidak hanya sebatas deklarasi saja, tetapi dapat diterapkan oleh seluruh kampus yang telah melakukan deklarasi tersebut.

Sementara itu, Rektor UNP, Ganefri mengatakan bahwa ia dan beberapa universitas lainnya memang telah merencanakan kegiatan tersebut.

"Kami melakukan deklarasi ini karena seringnya terjadi radikalisme di Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan, di UNP sendiri telah ada mata kuliah anti radikalisme untuk menciptakan rasa cinta tanah air. Mata kuliah tersebut diberi nama Bela Negara dan Cinta Tanah Air. "Mata kuliah ini diberikan kepada setiap mahasiswa baru dengan jumlah dua SKS," sambungnya.

[Halbert Caniago]