Hakikat Beragama Adalah Menebar Rahmat Bagi Sesama

"Bagaimana agar nilai-nilai kemanusiaan sesama kita itu tetap mampu kita jaga, kita lindungi, kita pelihara dengan baik"
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa hakikat beragama adalah menebar Rahmat bagi sesama.

"Bagaimana agar nilai-nilai kemanusiaan sesama kita itu tetap mampu kita jaga, kita lindungi, kita pelihara dengan baik. Itulah kenapa beragama itu hakikatnya juga beraktivitas sosial di bidang pendidikan dibidang kesehatan, dan dibidang sosial lainnya," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada acara Pengkajian Ramadhan 1438H Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Senin (05/06), dilansir dari laman Kementerian Agama.

"Inilah cara bagaimana nilai-nilai agama dalam upaya untuk memanusiakan sesama manusia," sambungnya.

Menurut Menag, ajaran Islam tidak mendeskreditkan, tapi justru merangkul. Agama lahir bukan dipaksakan tetapi mengajak dengan cara-cara persuasif.

"Ini yang ditonjolkan tokoh - tokoh Muhammadiyah dalam kehidupan beragama yang hakikatnya manifestasi sebagai warga negara yang baik," kata Menag.

Turut hadir pada acara tersebut mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsudin, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nasir, Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mukti, Ortom-ortom Muhammadiyah dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah se Indonesia.

Terkait fenomena media sosial, Menteri Agama mengajak warga Muhammadiyah untuk memanfaatkannya sebagai sarana saling mencerahkan agar kehidupan menjadi lebih berkeadaban, bukan untuk saling menghujat, memaki, dan saling memisahkan.

"Kalau ada orang bersosial media, lalu berbeda pandangan dan kemudian diselesaikan dengan cara kekerasan fisik di tempat terbuka, menurut saya ini tidak tepat dalam menggunakan sosial media," tandasnya. (*)