Bintang Harau, Pendidikan Anak Luar Sekolah di Lembah Harau

"Konsep belajar yang diberikan adalah memberikan pengalaman kepada anak-anak"
Tempat anak belajar dan bermain di Bintang Harau kawasan Lembah Harau (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Berbicara tentang Harau, identik dengan wisata alam Lembah Harau yang menyuguhkan keindahan air terjun dan tebing batu yang memukau. Namun tidak banyak yang mengetahui adanya ruang belajar bagi anak-anak di Jorong Harau, Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota yang telah ada sejak Desember 2016 lalu.

Ruang belajar ini dinamakan Bintang Harau yang memberikan ruang bagi anak-anak di Desa Harau untuk mendapatkan pengalaman baru dengan belajar di luar sekolah. Di Ruang Belajar Bintang Harau anak-anak diajarkan kesenian seperti musik, tari, puisi, teater, menggambar, membaca, menonton film, belajar bahasa inggris, olahraga badminton dan bola kaki.

Roni Putra, alumnus ISI Padangpanjang yang merupakan salah satu inisiator Ruang Belajar Bintang Harau ini mengatakan konsep belajar yang diberikan adalah memberikan pengalaman kepada anak-anak, untuk memotivasi diri anak-anak ke depan. Kemudian juga berbagi ilmu dari volunter atau relawan sehingga ini bisa memberikan pengalaman kepada anak-anak.

"Di sini kita belajar musik, tari, puisi, teater, menggambar, membaca, menonton film, belajar bahasa inggris, olahraga badminton dan bola kaki dan kegiatan berkesenian lainnya. Waktunya sendiri kita berikan pada Sabtu-Minggu, karena pada umumnya anak-anak sekolah dihari biasa," kata Roni Putra atau yang akrab disapa Keron, Minggu 4 Juni 2017.

Ia menjelaskan kehadiran Ruang Belajar Bintang Harau berawal pasca adanya Pasa Harau Art & Culture Festival tahun lalu. Saat ini dikatakannya, anak-anak belajar disebuah Rumah Gadang yang ditinggali penghuni milik Fachrul Huda alias Da Un, Ketua Komunitas Harau yang menghibahkan rumahnya untuk dipakai sebagai tempat proses anak-anak di Bintang Harau.

"Setelah beberapa bulan berjalan, Alhamdulillah kita dibantu oleh Yayasan Bintang Kidul, Yogyakarta, di bawah pimpinan Direktur Tri Sugiharto alias Mas Black. Dimana Yayasan Bintang Kidul ini ... Baca halaman selanjutnya