Tiara Ikuti SBMPTN di Padang Meski Tanpa Tangan

"Ia kehilangan kedua tangannya karena kecelakaan tahun 2012 silam di kampung halamannya"
Tiara Anita Putri (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Tiara Anita Putri, gadis berusia 19 tahun asal Tanah Datar tampak serius saat mengerjakan puluhan soal ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di SMAN 3 Padang, Selasa 16 Mai 2017.

Gadis itu mengerjakan seluruh soal yang diujikan dengan cara berbeda dengan ribuan calon mahasiswa lainnya. Jika peserta lainnya mengerjakan soal ujian menggunakan alat tulis yang dipegang melalui jarinya, Tiara memiliki cara lain. Ia harus menulis dengan menggantungkan alat tulis di sisi ujung kulit lengannya.

Tiara adalah salah satu peserta SBMPTN disabilitas. Ia kehilangan kedua tangannya karena kecelakaan tahun 2012 silam di kampung halamannya.

Tak sedikitpun raut kecanggungan tampak di wajah gadis yang akrab disapa Tiara itu. Ia tetap melingkari seluruh jawaban dari puluhan soal yang diberikan dengan santai.

"Meskipun seperti ini, harus tetap semangat dan pantang menyerah. Karena di setiap kekurangan pasti ada kelebihan," katanya sambil tersenyum pada KLIKPOSITIF.

Meskipun tanpa tangan, ia mampu menyelesaikan seluruh soal saat mengikuti ujian tersebut. "Waktu UN kan juga seperti ini," lanjutnya. Ujian SBMPTN ini bagi Tiara adalah salah cara agar ia bisa berkuliah di jurusan Psikologi dan Biologi.

Ia menuturkan bahwa semangat yang ia peroleh itu berasal dari keluarga dan teman-temannya yang tak pernah bosan membantunya.

"Saya harus sukses dan saya pasti bisa sukses. Intinya itu saja," tutur gadis berjilbab tersebut.

Pasca kecelakaan, awalnya Tiara merasa sedikit canggung dan kesulitan dalam melakukan aktifitasnya. Namun dalam waktu lima tahun ini, ia mengaku telah terbiasa dengan sisa lengan yang ada itu dan tidak menyurutkan langkah Tiara dalam menggapai cita-cita.

Tiara menyelesaikan studinya di SMAN 1 Sungayang pada tahun 2017 lalu dan ingin menjadi seorang psikolog.

"Saya tidak ingin ada orang yang tertekan akibat masalahnya makanya saya ... Baca halaman selanjutnya