Pustaka Daerah Bantu 300 Buku ke Kampung Literasi

"kebanyakan buku anak-anak, buku agama dan bidang ilmu lainnya"
Pegawai dari Pustaka Daerah mengantarkan ratusan buku untuk Kampung Literasi. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Walaupun kegiatan belum dimulai secara resmi di Kampung literasi, Kampung Batu, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan-Padang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah mengulir sekitar 300 buku bacaan ke lokasi tersebut.

"Kami drop dulu di awal 300 ratusan buku, kebanyakan buku anak-anak, buku agama dan bidang ilmu lainnya," ungkap Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat, Sosy Findra.

Sosy mengatakan, pengguliran buku akan disesuaikan dengan kebutuhan kampung literasi nantinya. "Aktivitas kan sudah dimulai beberapa hari ini, kami akan lihat dulu berapa kebutuhan buku nantinya," kata Sosy.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat, Alwis mengatakan, selain bantuan buku dari perpustakaan, kampung literasi juga menerima bantuan buku pribadi bagi yang ingin membantu. "Bisa disalurkan melalui Yayasan Gemar Membaca sebagai penggagas kampung literasi," kata Alwis.

Menurutnya, kampung literasi sebagai salah satu gerakan agar minat baca masyarakat bisa ditingkatkan. Selain itu, kampung literasi sebagai percontohan bagi desa/nagari di Kota itu. "Bagaimana masyarakat khususnya generasi muda semakin mencintai buku," tuturnya.

Dia menjelaskan, mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi tanggung jawab semua kalangaan termasuk nagari/desa. Apalagi, nagari/desa mendapat kucuran anggaran yang cukup besar untuk bisa menganggarkan untuk pustaka nagari. "Dana Desa bisa digunakan untuk penunjang," ungkapnya.

[Joni Abdul Kasir]