Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa Luar Negeri bagi Siswa Madrasah

"proses pendaftaran beasiswa ini akan dilaksanakan pada 1-15 Mei 2016"
Kementerian Agama membuka pendaftaran bagi siswa madrasah untuk belajar di luar negeri untuk jenjang sarjana (S-1). (http://isi.ac.id/)

KLIKPOSITIF - Kementerian Agama membuka pendaftaran bagi siswa madrasah untuk belajar di luar negeri untuk jenjang sarjana (S-1).

"Agar lebih terbuka, proses pendaftaran beasiswa ini akan dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) melalui website resmi Direktorat Pendidikan Madrasah pada 1-15 Mei 2016," kata Direktur Pendidikan Madrasah Kemenag M Nur Kholis Setiawan, Rabu 27 April 2016.

Ia mengatakan, beasiswa dikhususkan bagi siswa madrasah yaitu berupa beasiswa biaya hidup untuk jenjang S1 di luar negeri. Calon penerima beasiswa yang berminat dapat mengklik laman http://madrasah.kemenag.go.id.

"Yang patut diperhatikan bagi calon penerima beasiswa ini adalah dia hanya menerima biaya hidup bulanan di kampus selama empat tahun," kata Nur Kholis.

Beberapa perguruan tinggi yang akan dijadikan tempat studi yakni kampus-kampus yang terakreditasi di luar negeri baik di Asia, Amerika, Eropa dan Timur Tengah.

Menurutnya, proses seleksi akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu seleksi dokumen dan seleksi wawancara. Peserta yang akan mengikuti seleksi beasiswa ini harus melengkapi sejumlah dokumen.

Setelah melakukan pendaftaran secara daring kemudian semua dokumen dikirim paling lambat 20 Mei 2016 ke Subdit Kelembagaan Direktorat Pendidikan Pendidikan Madrasah, Kementerian Agama.

Peserta yang lolos dalam verifikasi seleksi dokumen akan diikutkan dalam tahap wawancara. "Jadi, tidak ada ujian tulis. Peserta yang akan diwawancarai murni berdasarkan kelengkapan dokumen yang dikirimkan," ujarnya.

[Fitria]