Kenapa Perlu Mengontrol Konten Berita yang Ditonton Anak?

"Menonton semua jenis kekejaman dan kegilaan dapat menyebabkan depresi dan pesimisme pada anak-anak. "
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Berita datang dalam berbagai bentuk. Dan ya, anak-anak juga membutuhkan kesadaran sosial dan mereka perlu tahu apa yang terjadi di sekitar mereka di dunia ini.

Tapi tidak semua berita perlu mereka tonton saat usia tersebut. Orangtua perlu mengontrol jenis konten berita yang bisa anak-anak mereka tonton, seperti berita yang mengandung unsur kekerasan atau pembunuhan.

Dilansir dari Boldsky, sampai anak-anak mencapai usia di mana mereka bisa berpikir sendiri, orang tua perlu untuk memastikan bahwa anak-anak mereka baru bisa memperoleh informasi untuk menumbuhkan kepekaan sosial mereka tapi tentu informasi yang positif.

Menonton semua jenis kekejaman dan kegilaan dapat menyebabkan depresi dan pesimisme pada anak-anak. Juga, mengubah pandangan dunia mereka dan membuat mereka juga kejam.

Oleh karena itu, orang tua perlu untuk memastikan bahwa anak-anak hanya menyaksikan konten yang memberikan mereka pengetahuan dan kebijaksanaan; bukan pesimisme.

Banyak ilmuwan yang meneliti sifat penjahat dan psikologi mereka menegaskan bahwa pikiran kriminal terbentuk selama masa kanak-kanak. Inilah sebabnya mengapa orang tua perlu berhati-hati ketika membesarkan anak-anak mereka.