Kuliah 19 Bulan, Mahasiswa UNY Ini Raih IPK 4,0

"Mahasiswa ini jadi lulusan terbaik UNY"
(dok UNY)

KLIKPOSITIF -- Seorang mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Dika Agustia Indrati, berhasil meraih IPK sempurna yakni 4,0.

Dengan prestasi tersebut, Dika akhirnya menjadi lulusan terbaik di UNY. Selain itu, alumnus S-1 Pendidikan Biologi Internasional FMIPA UNY ini juga menyelesaikan studinya dengan waktu yang begitu singkat yakni 19 bulan saja.

Dika sendiri memiliki trik dan tips yang bisa membuat dirinya meraih prestasi sedemikian rupa. Salah satunya yakni dengan bersungguh-sungguh dalam melakukan berbagai aktivitas kuliahnya, terutama dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

Mahasiswa asal Rembang, Jawa Tengah tersebut juga tidak lupa mengembangkan dirinya melalui berbagai seminar nasioal maupun internasional. Hal itu secara otomatis mempertemukannya dengan berbagai pakar serta dosen di luar UNY yang bisa menambah ilmu serta jaringannya di luar.

Dika juga aktif menyibukkan diri menjadi tutor di salah satu bimbingan belajar di Yogyakarta. Menurutnya, seorang mahasiswa perlu membaca berbagai referensi dari luar negeri.

“Kita perlu sesering mungkin untuk membaca referensi dari luar negeri sesuai bidang kita masing-masing agar bisa memahami sebuah topik secara utuh dan orisinal. Referensi dari Indonesia juga bagus untuk dibaca, akan tetapi terkadang sudah diubah oleh penulisnya, sudah tidak sesuai dengan buku induknya yang dari luar negeri,” ujarnya seperti dinukil dari laman UNY.

Sementara itu, perwakilan Direktur PPs, Dr Sugito MA, menuturkan bahwa kesuksesan seseorang bukan hanya ditentukan oleh pendidikannya.

“Akan tetapi sebagian besar ditentukan dari dunia luar seperti dukungan orangtua, keluarga, lingkungan, dan pergaulan secara global,” tambahnya. (*)

Sumber : okezone.com