Ini Cerita Bupati yang Membuat Warga Menangis

"Tentang Luhurnya Akhlak Para Penghafal Al Quran"
Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi (tanahdatar.go.id)

Sungayang, KLIKPOSITIF -- Seorang anak penghapal Al Quran (hafiz) ternyata tak hanya memiliki otak yang cerdas, namun juga memiliki budi luhur. Kisahnya diceritakan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi kepada jamaah Masjid Nurul Falah, Andaleh Baruah Bukik, Kecamatan Sungayang, Tanah Datar. Seperti apa?

Cerita diawali tentang seorang anak mendapat hadiah umrah atas prestasinya dalam lomba tahfiz tahun lalu. Ketika itu, anak tersebut meminta izin kepada dirinya untuk diizinkan berbicara langsung kepada donatur yang memberikan hadiah umrah kepada dirinya. Saat itu sang donatur berada dekat dirinya.

“Silahkan ananda, jika ada yang disampaikan langsung kepada pak Haji,” kenang Irdinansyah.

Tapi sungguh membuat hati ini berguncang ketika mendengar apa yang disampaikan hafiz ini kepada pak haji yang menjadi donatur. “Pak haji, saya sangat bahagia dan besyukur atas hadiah umrah ini. Saya bukannya tidak berterima kasih dengan hadiah umrah ini, kalau boleh saya bermohon, hadiah umrah yang diberikan kepada saya, akan saya berikan kepada orang tua saya," ujar sang anak seperti disampaikan kembali oleh Irdinansyah.

"Saat ini saya masih berumur 15 tahun sedangkan orangtua saya sudah berusia lanjut, insya Allah kalau Allah panjangkan umur saya tentunya mempunyai kesempatan lebih panjang dibanding orang tua saya,” imbuh putra Lintau ini mengulang perkataan sang anak.

Tidak hanya itu sebut, seorang bapak bercerita kepada Irdinansyah ketika anaknya menerima hadiah sebesar Rp 25 juta dari Pemkab Tanah Datar atas prestasinya di MTQ Nasional tingkat Provinsi beberapa waktu lalu.

“Ayah, Alhamdulillah ananda dapat uang banyak, ananda punya permintaan kepada ayah kalau ayah berkenan mengizinkannya,” ujar anak tersebut.

Bupati menceritakan bagaimana dalam pikiran sang ayah kalau anaknya punya keinginan  kalau tidak membeli handphone baru, baju baru atau sepeda ... Baca halaman selanjutnya