Ini Cara Herman Nawas Dorong Budaya Baca Al Quran

"One Week One Juzz, Bagikan Al Quran pada Setiap Tamu"
Ketua Aptisi Sumbar, Herman Nawas menyerahkan Al Quran kepada pengurus Aptisi Sumbar (Humas UPI YPTK Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (YPTK) Padang, Herman Nawas memiliki cara sendiri untuk mendorong budaya baca Al Quran. Yaitu dengan cara membagikan Al Quran 30 juzz yang terdiri dari 30 buku kepada 30 orang.

Masing-masing orang mendapatkan satu juzz, selanjutnya dipakai metode membaca Al Quran bersama dengan membentuk kelompok 30 orang dalam satu kelompok. Nantinya, satu orang diwajibkan satu Juz, dan dalam satu minggu grup ini akan khatam.

Sabtu (8/4), Herman Nawas membagikan Al Quran kepada 30 orang pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Sumbar dalam rapat Aptisi X Sumatera Barat. Sebelumnya, Herman Nawas juga menerapkan program yang diberi nama Ine Week One Juzz ini kepada dosen Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang.

Menurut Herman Nawas, dengan adanya program ini diharapkan dalam berbagai kesibukan orang tetap membaca Al-Quran. Dia melihat, selama ini dalam pertemuan resmi Aptisi hanya sibuk rapat dan forum-forum yang membahas masalah pendidikan. Herman Nawas bercita-cita semua pengurus Aptisi juga mengkaji Al Quran. Jadi, setiap ada masalah maka akan kembali ke Al Quran.

“Karena dengan membawa satu buku juzz, dapat dibaca dan memacu untuk semangat untuk menamatkannya. Satu grup 30 orang ini akan membuat grup WA dan saling mengingatkan serta memotivasi untuk menyelesaikan bacaannya. Dengan bersama-sama dalam grup jadi lebih mudah dan termotivasi,” ujar pria yang juga Ketua Forum Komunikasi Alumni ESQ Sumbar ini.

Menurut Herman Nawas, dia mendapatkan ide membuat program One Week One Juzz ini dari grup Forum Komunikasi Alumni ESQ. Untuk menyemarakkan program ini, Herman Nawas berkomitmen akan memberikan souvenir satu buku Al Quran kepada setiap tamunya.

Selain program One Week One Juzz, Herman Nawas juga menggagas program Pejuang Subuh di Masjid Baitul Hadi, Komplek Aurduri Indah, Padang Timur. [Hijrah Adi ... Baca halaman selanjutnya