Hore! Tahun Ini di Luki akan Dibuka Sekolah Gratis

"Sekolahnya gratis. Untuk tahap awal, kami buka dua lokal. Satu lokal berisi siswa 32 orang. Siswanya diutamakan masyarakat Luki."
Panitia pembentukan MTs Luki saat rapat di Sekretariat For Nagari Indarung (KLIKPOSITF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kabar gembira bagi masyarakat Kota Padang, khususnya yang tinggal di Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki). Sebab, dalam tahun ajaran baru mendatang, di kecamatan yang berada di ujung Timur Kota Padang itu akan dibuka sekolah Madrasah Tsnawiyah (MTs).

"Sekolahnya gratis. Untuk tahap awal, kami buka dua lokal. Satu lokal berisi siswa 32 orang. Siswanya diutamakan masyarakat Luki. Untuk sementara, fasilitas yang digunakan MTs adalah Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Padang Besi," kata Ketua Panitia Pendirian MTs, Surya Jufri usai rapat pembentukan MTs di Sekretariat Forum Nagari Indarung, Senin, (3/4).

Selain biaya sekolah digratiskan, anggota DPRD Padang dari Fraksi Demokrat itu juga menyebut bahwa siswa baru yang diterima, nantinya juga diberikan seragam sekolah gratis, karena  biaya operasional sekolah akan ditanggung CSR Semen Padang melalui Forum Nagari se-Kecamatan Luki.

"Forum Nagari itu punya program beasiswa. Jadi dana beasiswa dari forum yang bersumber dari CSR Semen Padang tersebut, nantinya akan kami alihkan untuk biaya operasional sekolah, seperti  membeli peralatan belajar dan gaji para guru," ujar Surya Jufri. 

Selain di dukung Forum Nagari, lanjutnya, pihak terkait lainnya seperti Pemko Padang dan Kemanang, juga mendukung pendirian MTs di Luki. "Kami sudah bicarakan dengan Pemko Padang dan Kemanag. Mereka sangat setuju sekali kalau di Luki didirikan sekolah MTs," ungkap pria yang akrab disapa Bitel itu.

Hal yang sama juga diungkapkan panitia lainnya, Zulmaidi SHi, MA. Sekretaris MUI Kecamatan Luki ini memenyebut bahwa siswa yang diterima nantinya bukan sembarangan. Selain mempunyai nilai akademik yang tinggi, siswa tersebut juga harus bisa baca Alquran, karena nantinya, siswa lulusan MTs Luki harus hafal minimal 5 Juz Alquran.

"Kami ingin melahirkan generasi muda yang religius. Untuk itu, di samping siswa diajarkan kurikulum umum, setiap siswa juga kami ... Baca halaman selanjutnya